Thursday, April 15, 2010

Telekomonikasi

Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian infomasi , dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam penyampaiannya dapat berupa surat dan sebagainya..
Komponen dasar dalam komonikasi.
Informasi : merupakan data yang dikirim/diterima seperti suara, gambar, file, tulisan
Pengirim : merubah informasi menjadi sinyal listrik yang siap dikirim
Media transmi: alat yang berfungsi mengirimkan dari pengirim kepada penerima. Karena dalam jarak jauh, maka sinyal pengirim diubah lagi / dimodulasi agar dapat terkirim jarak jauh.
Penerima : menerima sinyal listrik dan merubah kedalam informasi yang bisa dipahami oleh manusia sesuai yang dikirimkan.
bentuk komunikasi jarak jauh dapat dibedakan atas tiga macam:
Komunikasi Satu Arah (Simplex). Dalam komunikasi satu arah (Simplex) pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh :TV dan radio.Komunikasi Dua Arah (Duplex). Dalam komunikasi dua arah (Duplex) pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh : Tlp dan Voip.
Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex). Dalam komunikasi semi dua arah (Half Duplex)pengirim dan penerima informsi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Contoh :Handy Talkie, fax, dan Chat Room

0 comments:

Post a Comment